Cerita Skincareku

Beberapa waktu lalu, saya bikin tulisan tentang jerawat yang melanda muka saya 1.5 tahun belakangan. Setelah tulisan itu dibuat, jerawat saya sempet makin menjadi. Penyebabnya saya pikir karena saat itu menjelang menstruasi, diet saya ngga terkontrol, kebetulan sering makeup karena lagi musim kondangan, dan yang lebih parah seminggu berturut-turut saya ga bersihin muka sebelum tidur karena keburu molor. Kondisi kulit wajah yang kembali memburuk itu berlangsung beberapa minggu dan ninggalin bekas jerawat yang ga santai.

Selama ini saya sok-sok-an mulai pakai skincare tanpa ngerti esensinya. Liat si anu review produk ini itu trus pengen ikutan nyobain, akhirnya tergiur beli produk yang ujung-ujungnya dianggurin entah karena ga cocok atau emang ga dibutuhin. Setelah mulai paham dunia perskincare-an, saya akhirnya sadar kunci utama buat masalah kulit saya adalah exfoliating dan hydrating. Jerawat yang ga kelar-kelar ini karena kulit saya kekeringan ditambah sel kulit mati yang numpuk jadi pemicu komedo dan pori-pori segede gaban. Kondisi yang hampir sepanjang waktu kayak gitu kalau kena debu dan kotoran dikit aja bisa bikin kulit saya rentan banget timbul jerawat baru. Setelah istiqomah pakai rangkaian skincare yang sekarang, saya notice ada perubahan yang bagus di kulit saya. Here are the steps and products:

Cleanser
Sekarang saya lagi konsisten pakai 2 produk yaitu cetaphil gentle skin cleanser buat pagi dan sabun batang kojie-san buat malam sebagai pengganti erha facial wash no 1. Awalnya saya anti banget sama cetaphil karena mahal dan kebetulan pernah coba punya saudara pas saya nginep dan ga cocok. Ternyata setelah saya kasih kesempatan kedua, saya cukup impressed sama produk ini. Lalu entah gimana ceritanya tetiba saya dapet ilham buat nyobain sabun kojie-san. Awalnya saya pengen nyoba produk buat ngilangin bekas jerawat saya. Setelah baca review sana-sini akhirnya saya mantap beli sabun itu dan nyoba pakai untuk pertama kali. Tadinya agak ragu karena banyak yang kasih review jelek gegara sabunnya bikin kulit jadi kering banget. Tapi bisa diakalin dengan hydrating yang cukup kok. Untuk double cleansing saya masih cocok pakai micellar water garnier yang pink. Tapi saya hanya pakai kalau habis make up atau pakai sunblock aja.

Toner
Makin kesini saya sadar kalau toner itu penting buat balikin pH balance setelah cleansing. Dan saya rasa saya akan tetap setia pakai face tonic dari viva yang ajaib itu. Saya udah coba varian emollient, greentea dan cucumber. Semua cocok di kulit saya. Yang saya pakai sekarang adalah varian cucumber. Udah setengah botol saya pakai saya notice pori-pori saya memang jadi lebih kecil. Waktu pakai yang greentea pun hasilnya emang sebagus itu. Pas malam saya pakai di jerawat yang baru mau nongol besoknya ga jadi nongol jerawatnya. Ajaibnya adalah ini produk lokal dan murah banget.

Setelah face tonic viva, saya pakai hadalabo ultimate lotion buat hydrating toner. Saya sok tau aja karena memang teksturnya encer dan bening kayak air tapi lebih pekat dari face tonic viva. Ga ada lotion-lotionnya acan. Untungnya di wajah saya fine-fine aja sih.

Essence dan serum
Sebenarnya step ini sering saya skip karena saya masih awam mengidentifikasi mana essence mana serum dan produk apa yang cocok buat saya. Prinsip yang saya pegang adalah konsentrasi serum lebih pekat daripada essence. Produk yang saya punya buat step ini adalah the ordinary niacinamide 10% dan serum vitamin C dari mertua saya merk lamarizk yang hampir tidak pernah saya pakai. Fyi, mungkin merk ini ga familiar karena ini produk MLM. Alasan lain saya sering skip step ini karena ada kandungan produk tertentu yang ga boleh dipakai barengan dengan kandungan dari produk lain. Mungkin setelah cukup riset dan literasi saya akan coba rutin pakai essence dan serum karena sebenarnya step ini paling efektif mengatasi masalah kulit.

Update: sekarang saya pakai serum snail trucica dari somebymi yang alhamdulillah cocok dan ngefek banget buat saya. Setelah rutin pakai selama kurang lebih 2 minggu, saya notice ada perubahan signifikan pada tektur kulit dan bekas jerawat saya yang tadinya ganggu banget. Seneng banget semua produk yang saya coba selalu cocok.

Moisturizer
Lagi-lagi dengan penuh ke-sotoy-an saya pakai nature republic aloe vera untuk step terakhir skincare routine saya ini. Sebenarnya saya kurang paham produk ini bisa disebut sebagai pelembab atau bukan karena mindset saya masih berpatokan kalau pelembab itu umumnya berbentuk krim. Tapi Alhamdulillah tekstur kulit saya jauh lebih baik setelah saya rutin pakai natrep pagi dan malam.

Sunscreen
Setelah lama absen pakai sunblock/sunscreen karena anjuran dokter kulit saat saya masih jerawatan, dua hari belakangan saya mulai pakai sunscreen sebelum beraktivitas di luar ruangan. Hampir semua beauty guru dan artikel tentang kecantikan bilang kalau step ini sangat krusial. Bahkan semua skincare yang kita pakai ga ada gunanya kalau kulit masih terpapar sinar uv yang jahat. Tapi saya lebih percaya sama dokter spesialis yang examine kulit saya langsung. 
Saya pakai sunscreen dari erha yang untuk acne prone skin. Saya berani pakai lagi karena memang sekarang masalah jerawat saya sudah jauh berkurang dan kulit saya berangsur membaik. Tapi baru 2 hari pakai jerawat muncul lagi jadi mungkin saya skip lagi step ini sampai ketemu produk sunscreen yang ga bikin breakout.

Comments