Cerita Jerawatku

Udah lama pengen bikin tulisan tentang jerawat yg melanda wajah saya selama 1,5 tahun belakangan, Alhamdulillah akhirnya ada secercah kerajinan di malam ini. Pertama-tama baiknya saya cerita soal tipe kulit saya dulu. Jadi kulit saya termasuk normal cenderung kering, di beberapa bagian bisa kering banget malah. Makanya saya dulunya jarang jerawatan, kalopun ada ya satu dua biji menjelang menstruasi. Paling masalah kulit saya sepanjang jaman ya kusam dan komedo.

Seumur hidup saya pernah jerawatan agak parah itu 3 kali. Pertama pas kelas 2 SMA, tiba-tiba jerawatan ganti-gantian nongolnya sampai berbulan-bulan baru sembuh. Saya curiga sebabnya gara-gara difacial tante saya yang gemes liat hidung saya yang penuh komedo. Bagian paling ngeselin adalah bekas jerawatnya yang baru hilang pas saya mulai kenal skincare di awal kuliah. Thanks to pond’s flawless white yang bisa ngilangin bekas jerawat saya tanpa sisa waktu itu.

Masa jerawatan parah yang kedua adalah pas jaman-jamannya skripsi. Setelah semester 8 saya udah jarang ngampus karena semua mata kuliah udah diberesin di semester 7. Kayaknya dinamika skripsi bikin saya tertekan dan stres tanpa disadari, lalu muncullah jerawat laknat bertubi-tubi sampe beberapa bulan. Inget banget waktu itu karena udah jarang ketemu temen sekelas, sekalinya ketemu di seminar temen pasti pada ngeh dan bilang “kok sekarang jadi jerawatan?” Dan aku pun sad.

Karena waktu itu wajah saya udah terkontaminasi skincare yang gonta-ganti, produk drugstore udah gak mampu lagi buat ngatasin masalah kulit saya. Akhirnya untuk pertama kali saya coba perawatan dokter di klinik kecantikan sebut saja LBC. Alhamdulillah waktu itu jerawat saya sembuh dan bekasnya pun cepet memudar. Kulit saya pun jadi bersih. Btw saya cuma pakai krim pagi dan krim malamnya aja. Awalnya sempet beli sabunnya juga, tapi karena saya medit saya ganti pake sabun jf sulfur yg batangan. Alhamdulillah kulit badak saya cocok-cocok aja waktu itu.

Masa jerawatan terakhir adalah yang paling parah dan paling lama. Udah 1,5 tahun belakangan muka saya penuh jerawat. Saya kurang paham apa sebabnya. Saya sih curiganya karena pengaruh hormon. Setelah nikah dan resign dari kantor saya di Jakarta, saya pindah ke rumah suami saya di Banjarnegara. Awal muncul jerawat itu setelah saya maskeran pake naturgo black mask yg bungkusnya orange. Tadinya jerawat cuma muncul 2 biji dempetan di pipi. Setelah itu ganti-gantian sampe sekarang bekasnya penuh semuka, paling banyak di pipi sih.

Awalnya saya cuekin aja jerawatnya kayak yang udah-udah. Saya pikir itu jerawat biasa menjelang menstruasi. Ternyata lama-lama makin parah, ditambah saya yang pengangguran dan saat itu lagi hobi-hobinya nonton beauty influencer ngulas produk ini itu di youtube sukses bikin saya ikutan coba-coba. Setelah sadar gak bisa ngatasin jerawat saya sendiri pake produk drugstore, akhirnya saya memutuskan buat ke dokter SpKK satu-satunya di Banjarnegara. Namanya dokter Sasa dan beliau punya klinik kecantikan namanya Arasti. Menurut saya biaya konsul dokternya murah banget, 75 ribu aja, tapi obat dan krim-krimnya untuk ukuran daerah sih mahal ya, bahkan ada krimnya yang di atas 100 ribu. Buat perbandingan, dulu saya konsul dokter SpKK di RSIA Harapan Kita Jakarta, biaya konsul dokternya 175 ribu tapi krim-krimnya paling mahal 60 ribuan, yang paling mahal sabunnya, 80 ribuan.

Kata suami, saya orangnya kurang telaten. Baru 2 kali konsul dan pakai krim habis 2 jar saya udah males nerusin karena saya gak lihat hasil yang signifikan selama 2 bulan. Lagian waktu itu saya mulai konsul ke dokter kandungan juga karena masalah siklus menstruasi saya yang makin berantakan pasca menikah. Dari situ saya diresepkan semacem obat KB untuk menormalkan siklus menstruasi saya. Obatnya diminum setiap hari 1 kali selama 21 hari berturut-turut. Somehow saya merasa jerawat saya ikut mereda selama saya mengonsumsi obat itu. Sampai pada akhirnya saya pindah ke Bogor karena akan mulai bekerja lagi sebelum ramadhan tahu lalu. Dan saya pun gak nerusin konsul di dokter SpKK maupun dokter kandungan di Banjarnegara.

Karena jerawat saya gak membaik, saya diskusi sama suami dan saya memutuskan buat konsul ke erha Bogor. Alasannya karena dokter-dokter di sana SpKK semua dan saya mau jerawat saya ditangani layaknya penyakit yang harusnya disembuhkan instead of ditutupi dengan krim kecantikan. Setelah beberapa lama ditangani dr Ni Luh Pitawati, SpKK, saya lihat jerawat yang ada memang berkurang dan sembuh, tapi masalahnya pertumbuhan jerawat baru tetep jalan terus. Jadi kan percuma. Saya yang gak telaten ini mulai ogah-ogahan konsul karena saya medit dan biaya konsulnya lumayan.

Saya udah gak peduli lagi sama jerawat saya. Kebetulan waktu itu saya dapat ilham tentang clear skin diet yang intinya nyembuhin jerawat lewat makanan dan pola hidup sehat. Saya coba kurangi makanan-makanan sampah dan ganti menu dengan makanan yang lebih bergizi. Efeknya berat badan saya pun ikutan turun.

Sampai suatu hari pas libur akhir tahun saya dan suami mudik ke rumah bapak saya di Tuban, saat itu jerawat lagi parah-parahnya sampe mama saya sedih lihat muka anaknya. Di hari-hari terakhir menjelang balik saya mulai males-malesan ngurusin muka. Paling cuma cuci muka dan pake obat totol jerawat doang pake produknya erha. But then the miracle happened, jerawat saya mengering dengan sendirinya walaupun belum sembuh total. Lalu saya sadar kalau makin dikit produk yang saya pakai, kondisi kulit saya makin cepat membaik.

Alhamdulillah sampai sekarang kondisi kulit saya berangsur membaik setelah pakai basic skincare. Menjelang menstruasi mah masih tetep ada jerawat barang satu atau dua biji. Kalau dibikin list, basic skincare rutin saya kurang lebih begini:
1. Cuci muka pakai cleanser erha no 1 (for normal & dry skin, bisa beli tanpa resep dokter)
2. Pake wardah aloe vera gel sebagai pelembab, sekarang diganti hadalabo ultimate moisturizing lotion yang buat dry-normal skin
3. Bedakan pake markcs biar gak dekil (ada salicylic acidnya)
4. Acne lotion (AL1) dari erha sebagai obat totol jerawat dipake saat malam sebelum tidur (dulu belinya pake resep dokter)
Tambahan: kalo habis pake make up biasanya saya bersihin dulu pake micellar water sebelum cuci muka. Seminggu 1x atau 2x biasanya saya exfoliating pake lulur wajah dari mama mertua saya.


Kesimpulannya ya simpler is better. Itu kayaknya berlaku buat semua aspek kehidupan kecuali birokrasi di kantor kelurahan/kecamatan. Canda hehe..

Comments