Menikmati Hidup Tanpa Hutang Ala Ibu Mertua Saya

Di postingan sebelumnya, saya sempet cerita dikit kalau saya tinggal di rumah suami saya di Banjarnegara setelah menikah dan resign dari kantor. Lebih tepatnya rumah mertua saya. Namanya tinggal bareng mertua pasti ada suka dukanya. Apalagi suami saya jadwal kerjanya pake sistem rota, sebulan ini kerja sebulan berikutnya libur di rumah. Jadi ada waktu sebulan saya tinggal di rumah mertua saya sendiri tanpa ada suami saya. Gak usah dibayangin, awalnya itu juga horor buat saya.

Balik lagi tentang suka duka tinggal di rumah mertua. Sukanya tentu saya dan suami gak perlu ada pengeluaran untuk tempat tinggal. Suami saya bisa tenang jagain orang tuanya di rumah saat libur kerja, saya pun ikut kecipratan pahala karena mendukung suami berbakti pada orang tuanya. Untuk dukanya saya gak mau bahas karena nanti bisa bikin pahala saya hilang.

Salah satu benefit tinggal bareng mertua adalah saya jadi lebih mengenal suami saya lewat perspektif dari ibu yang melahirkan suami saya. Saya pun jadi paham gimana karakter suami saya terbentuk dari lingkungan keluarga, tempat tinggal, dan didikan orang tuanya. Alhamdulillah mertua saya  termasuk mertua yang baik banget dan sayang pada anak serta menantunya. Gak heran kalo suami saya orangnya kalem, sabar dan penyayang.

Saya sering ngobrol sama ibu mertua saya saat di rumah. Topiknya macem-macem mulai dari resep masakan, kerjaan, masa muda beliau, masa kecil suami dan adik ipar saya, sampai nasehat-nasehat menjadi ibu rumah tangga yang baik. Saya banyak belajar dari ibu mertua saya. Salah satu favorit saya adalah cara beliau mengatur keuangan keluarga dan sebisa mungkin menghindari yang namanya hutang. Bukan berarti beliau anti hutang juga sebenernya.

Ibu mertua saya bilang beliau takut berhutang karena dulu pernah dengar ceramah agama tentang betapa mengerikannya hutang, apalagi yang sampai dibawa mati. Beliau takut membebani keturunannya dengan hutang. Sebelum itu pun emang gak dibiasain ngutang juga sih. Keluarga suami saya biasa hidup sederhana tapi tetep layak. Kebiasaan nabung pun juga dibiasain sejak dini. Prinsip ibu mertua saya adalah lebih baik nabung dulu sekian waktu untuk beli sesuatu, terutama yang nilainya besar, daripada beli secara nyicil alias kredit. Misalnya mau beli motor seharga 15 juta, dibanding kredit selama 2 tahun mendingan diniatin nabung 2 tahun buat beli cash. Emang kalo diitung jatuhnya lebih murah nabung buat beli cash sih. Dengan catatan harus konsisten nabungnya lho ya.

Mungkin buat sebagian besar orang pasti berpikir "ahh, kalo gak kredit kapan kebelinya" atau "mendingan kredit lah buat ngatur cashflow, barang kebeli trus uangnya juga bisa dipake buat keperluan lain" atau "terus selama 2 tahun nabung kalo mau kemana-mana mesti jalan kaki gitu?". Tapi itu masalah pilihan aja sih menurut saya. Saya pribadi lebih setuju sama ibu mertua saya. Lagian secara gak langsung kita jadi terhindar dari riba juga kan. Hmm.. sebenernya saya gak se-syar'i itu juga sih, emang dasarnya saya medit aja. Rasanya sayang aja gitu bayar bunga kredit yang gak sedikit. Ya mendingan ditabung atau diinvestasiin sendiri duitnya gak sih?! Jadi membiasakan diri juga buat nahan diri untuk beli sesuatu yang di luar kemampuan finansial kita biar gak besar pasak daripada tiang.

Comments